Rangkuman E-Commerce Bagian 1


Pengertian E-Commerce

E-Commerce

Menurut Association for Electronic Commerce

 E-Commerce adalah mekanisme bisnis secara elektronik.

Menurut CommerceNet (konsorsium industri )

E-Commerce adalah penggunaan jejaring komputer (komputer yang saling terhubung) sebagai sarana penciptaan relasi bisnis proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet atau pertukaran dan distribusi informasi antar dua pihak di dalam satu perusahaan dengan menggunakan intranet.

Menurut Amir Hartman dalam bukunya “Net-Ready”

E-Commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C).

Menurut Kalangan Akademisi

E-Commerce adalah salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital.



E-Commerce bukanlah sekedar mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi lebih pada sebuah transformasi bisnis yang merubah cara-cara perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya sehari-hari.

Proses Bisnis E-commerce


Proses Bisnis


Posisi E-Commerce dalam bisnis

  1. Mengolah data mentah menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan bersama oleh para pelaku bisnis dan konsumen.
  2. Mendistribusikan data atau informasi tersebut secara cepat dan efisien ke seluruh komponen bisnis yang membutuhkan.

Materi Selanjutnya


Referensi :

  1. Materi Kuliah Cyberpreneurship fernandositindaon.info.
  2. Dokumentasi Materi Kuliah E-Commece Pertemuan 1 Kelompok AA Semester 6 2015.

0 komentar:

Posting Komentar

More

Postingan Terbaru


Tentang Saya