Customer Relationship Mangement (CRM) |
Pengertian Customer Relationship Management (CRM)
Menurut Laudon dan Traver : 2002
CRM menyimpan informasi pelanggan dan menyimpan serta merekam seluruh
kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil
pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan
tersebut.
Menurut Kotler : 2003
CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan
secara real time dan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan melalui penggunaan
informasi tentang pelanggan.
Menurut Haryati, S : 2003
CRM didefinisikan sebagai suatu rangkaian aktivitas sistematik yang terkelola
sebagai usaha untuk semakin memahami, menarik perhatian, dan mempertahankan
loyalitas pelanggan yang menguntungkan (Most Profitable Customer) demi mencapai
pertumbuhan perusahaan yang sehat.
Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management “CRM”)
merupakan jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan
hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya, yang mana tujuannya untuk
meningkatkan hubungan dengan tiap pelanggan demi mencapai pertumbuhan
perusahaan yang sehat.
Komponen CRM
Komponen Customer Relationship Mangement (CRM) |
Tahapan CRM
Tahapan Customer Relationship Mangement (CRM) |
Acquire
Mendapatkan pelanggan baru ( Acquire ), Pelanggan baru didapatkan dengan
memberikan kemudahan pengaksesan informasi, inovasi baru, dan pelayanan yang
menarik.
Enhance
Meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang telah ada ( Enhance ),
Perusahaan berusaha menjalin hubungan dengan pelanggan melalui pemberian
pelayanan yang baik terhadap pelanggannya ( Customer Service ).
Penerapan cross selling (menjual produk lainnya) atau up selling
(meningkatkan penjualan)
pada tahap ini dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dan mengurangi
biaya untuk memperoleh pelanggan ( Reduce Cost ).
Contoh Cross Selling
ketika membeli sebuah laptop, biasanya penjual akan menawarkan produk pendukungnya seperti mouse, cooling pad, dll
Contoh Up Selling
ketika ingin membeli laptop dengan spesifikasi atau tip tertentu , biasanya sebelum kita membeli akan ditawarkan laptop tipe lain atau dengan spesifikasi lainnya yang lebih baik, biasanya juga disertai dengan promo.
Retain
Mempertahankan pelanggan (Retain), merupakan usaha mendapatkan loyalitas
pelanggan dengan mendengarkan pelanggan dan berusaha memenuhi keinginan
pelanggan.
Aspek CRM
Aspek Customer Relationship Mangement (CRM) |
Tujuan dari Implementasi CRM
- Bisnis proses yang terintegrasi dan konsolidasi data.
- Perusahaan mendapatkan pengertian yang lebih baik tentang pelanggan dan kebutuhannya.
- Dikombinasikan dengan penggudangan data, bank data dan meja bantu atau pusat panggilan (call center).
- CRM membantu perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi tentang sejarah pelanggan.
- Perusahaan dapat memprediksi apa yang pelanggan akan beli di masa datang.
Materi Selanjutnya
Rangkuman Customer Relationship Management (CRM) Bagian 2Referensi
Dokumentasi Materi Kuliah Customer Relationship Management (CRM) Pertemuan 1-3 Kelompok AB Semester 6 2015
Artikelnya sangat lengkap dan pemakaian kalimatnya gampang dimengerti, terima kasih sudah berbagi.
BalasHapusJual Skype For Business
Jual Microsoft Dynamics CRM Online
Distributor Kaspersky
Software Pendidikan