Rangkuman Customer Relationship Management (CRM) Bagian 2

Lanjutan dari materi sebelumnya


Pengertian Pelanggan

Menurut Anoraga
Pelanggan adalah pembeli yang merupakan pembeli akhir atau juga bisa merupakan pembeli yang bertindak sebagai agen, terlepas dari itu pelanggan akan memberikan pendapatannya untuk memperoleh barang atau jasa.

Menurut Turban
Pelanggan merupakanembeli (individual) yang akan menggunakan barang dan jasa, atau pembeli (organisasional) yang membeli untuk mengubah dan menambah nilai atas barang.

Yang diinginkan pelanggan

Pelanggan menginginkan nilai maksimum, dengan dibatasi oleh biaya pencarian serta keterbatasan pengetahuan, mobilitas, dan penghasilan.
Mereka akan membeli dari perusahaan yang meyakini menawarkan nilai yang tertinggi bagi pelanggan.

Perilaku Pelanggan

Perilaku pelanggan (keputusan untuk membeli) dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Karakteristik Personal

Berhubungan dengan usia, jenis kelamin, suku dan etnis, gaya hidup, latar belakang pendidikan, pengetahuan, kepribadian, faktor psikologis.

Karakteristik Lingkungan

Meliputi sosial, budaya, keluarga dan kumpulan atau komunitas

Rangsangan

  • Rangsangan pemasaran (harga, promosi, produk, dan kualitas)
  • Rangsangan eksternal (politik, ekonomi, budaya dan teknologi)

Sistem yang dimiliki oleh penjual

  • Dukungan Logistik (pembayaran dan jasa antar)
  • Dukungan Teknis(web design, intelligent agents piranti lunak yang berperan sebagai asisten bagi pelanggan)
  • Layanan pelanggan (FAQ, e-mail, call center, one to one marketing)

Model Proses Pengambilan Keputusan Pelanggan

Terdiri dari 5 tahapan menurut Turban
  • Pengenalan Kebutuhan
  • Pencarian Informasi
  • Evaluasi Alternatif
  • Pembelian dan Pengantaran
  • Evaluasi pasca pembelian 

Kemampuan Utama CRM

Cross Selling dan Up Selling

  • Memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk/jasa komplemen
  • Menawarkan produk atau jasa yang mempunyai kualitas lebih baik dari produk/jasa yang dimiliki pelanggan saat itu

Direct Marketing and Fulfillment

  • Pemasaran langsung dan pemenuhan permintaan menjual dengan baik dan mengirimkan pesanan secara cepat
  • Campaign Management

Customer and Support

Aplikasi pendukung bagi staff dan pelanggan, sehingga dapat menyelesaikan permintaan layanan serta mendapatkan informasi detil yang dibutuhkan mengenai pelanggan. Tujuannya agar dapat menyelesaikan permasalahan pelanggan dengan efektif dan efisien.

Field Service Operations

Operasi layanan lapangan, jika permasalahan tidak dapat diselesaikan secara online dan membutuhkan personil untuk secara fisik kepada pelanggan.

Retention Management

Menggunakan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk pelanggan yang menguntungkan dengan cara segmentasi pelanggan berdasarkan tipe layanan yang didaftarkan dan juga historis transaksi. Pelanggan yang tidak menguntungkan akan dipisahkan supaya tidak menghabiskan sumber daya perusahaan.

Referensi

Dokumentasi Materi Kuliah Customer Relationship Management (CRM)  Kelompok AB Semester 6 2015

0 komentar:

Posting Komentar

More

Postingan Terbaru


Tentang Saya